Friday, October 11, 2013

Sisi Posistif dan Negatif mobil murah”

Dalam rangka misi pemerintah menghemat sumber energi,salah satunya adalah menghemat bahan bakar dengan menaikan harga bbm . Dengan menghapus non subsidi bbm premium dan mengembangkan mobil listrik ramah lingkungan yang juga dapat mengurangi polusi udara di Indonesia .  Kini pemerintah menyetujui mobil murah di Indonesia yang menimbulkan polemik besar di masyarakat . Lalu apa sisi positif dan negatif dari kebijakan mobil murah?
Sisi Positif kebijakan mobil murah.
mobil murah atau low cost green car (LCGC) diproduksi dengan menggunakan lebih banyak komponen lokal daripada mobil non LCGC. Hal ini berdampak positif terhadap penurunan impor suku cadang kendaraan.mobil tersebut irit bahan bakar. Mobil murah menurutnya juga lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar,serta mengurangi konsumsi BBM. Apalagi nantinya mobil ini diharuskan menggunakan BBM non subsidi. Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memacu pabrikan mobil untuk membawa teknologi baru, serta membangun fasilitas riset dan pengembangan di Indonesia. Ini juga akan meningkatkan kualitas tenaga kerja di industri otomotif serta nilai investasi dari hasil penanaman modal asing yang baru akan menciptakan lapangan kerja baru, serta meningkatkan pendapatan masyarakat  dan masyarakat golongan ekonomi menengah akan merasakan punya mobil baru dengan harga terjangkau.
Sisi Negatif  Kebijakan mobil murah


Kebijakan pemerintah dalam mobil murah juga menimbulkan polemik di masyarakat karna hanya menguntungkan beberapa  pihak antara lain masalah besar di Indonesia seperti Kemacetan,Penghematan energi bahan bakar,polusi,menciptakan transportasi berbasis masal . Kebijakan ini juga di nilai pembohongan publik dan tidak memikirkan masa ke depan yang akan dihadapi negara ini . Walau dinilai hemat bbm dan ramah lingkungan pastinya bertentangan dengan  mengharapkan pendapatan negara dari pajak dari nilai penjulan mobil tersebut dari perilaku masyrakata Indonesia yang komsumtif. ” Banyak yang membeli mobil murah pendapatan negara bertambah ,otomatis komsumsi bbm bertambah dan polusi makin bertambah yang dinilai tidak ada gunaya nya mobil irit bbm dan ramah lingkungan  serta merta menambah kecamatan karna tidak sebanding dengan volume jalan “ . Sekarang yang penting konsisten pemerintah dalam menghadapi masalah di tengah masyarakat dengan menciptakan kebijakan yang bersifat masal untuk kedepan yang lebih panjang untuk negara ini dimulai dari peningkatan kualitas dan penjualan dari barang dalam negeri seperti mobil listrik,mobil esemka.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive