Friday, January 24, 2014

SAFETY iOS 7

Fitur-fitur Keamanan iOS7


Kenyaman ponsel adalah salah satunya adanya fitur keamanan demi menjaga privasi si pemakai dan perusahaan ponsel tersebut . maka itu iOS memberi fitur keamana brupa :

1. Activation Lock

       Pada pertengahan tahun 2010, Apple memperkenalkan aplikasi Find My iPhone untuk memudahkan pengguna jika iPhone miliknya hilang atau dicuri. Namun ada kelemahannya yaitu  meskipun telah dilengkapi dengan fitur pengunci dan penghapusan data dari jarak jauh (remote erase) tetapi Find My iPhone memiliki satu kelemahan utama; pengguna dapat dengan mudah melakukan restore ulang dan bisa menggunakan kembali iPhone seseorang yang hilang/dicuri seperti baru. Yup, Find My iPhone akan dengan mudah dilewati hanya dengan restore biasa.
         Apple mengintegrasikannya dengan iCloud dan sebelum dirilisnya iOS 7. Kini sejak iOS 7 dirilis Apple telah memperketat keamanan pada iDevice dan menutupi keterbatasan yang ada sebelumnya pada Find My iPhone. Fitur keamanan terbaru ini disebut dengan Activation Lock. Dalam fitur keamanan ini, Apple mengharuskan si pengguna login menggunakan Apple ID miliknya setiap kali sebuah iDevice direset atau restore. Kalau tidak, atau misalnya password yang dimasukkan salah, maka iDevice akan tidak bisa digunakan untuk seterusnya, kecuali dibuka dengan Apple ID pemilik aslinya.


2. Blockir Penggunaan Charger Palsu

        Pada perangkat Apple yang sudah berbasis iOS 7 kini pengguna tidak lagi dapat menggunakan charger palsu. Sebab secara otomatis ponsel akan memproteksi adanya penggunaan perangkat palsu, khususnya charger dan kabel lighting palsu. Mengapa? Karena sudah banyak kasus Misalnya saat sebuah iPhone meledak, dan ternyata setelah ditelusuri penyebabnya dikarenakan pengguna yang memakai charger palsu untuk pengisian baterainya. Malahan ada juga yang menggunakan baterai palsu. Tragis memang, sebuah produk yang diciptakan oleh perusahaan ternama dunia membuat produk yang dapat membahayakan penggunanya. Namun setelah ditelusuri, banyaknya kasus produk Apple yang meledak tersebut bukan semata kesalahan dari Apple.

     Cara kerja dari fitur ini adalah mengidenfikasi setiap kabel charger yang dicolokan pada perangkat iPhone dan iOS, jika terdeteksi adanya penggunaan charger palsu maka secara otomatis perangkat akan menolak untuk diisi dan muncul peringatan pada layar. Untuk mengetahui bahwa charger yang digunakan pengguna adalah asli, pada kabel lighting telah disipkan sebuah chip yang kemudian akan di idenfikasi oleh perangkat saat melakukan pengisian.


Sumber :
http://www.viatekno.com/ios-7-blokir-penggunaan-charger-palsu-demi-keamanan/

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive